Kominfo Pantau Frekuensi Radio Penerbangan di 64 Kota

Published Rabu, 28/12/2016 WIB   admin  

Pontianak - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara terbang dari Jakarta ke Pontianak, Kalimantan Barat, untuk melakukan pengecekan kesiapan Station Monitoring Frekuensi Radio (SMFR) berupa Station Monitor Tetap Portable di Kabupaten Sintang.

Station Monitoring ini berguna untuk meningkatkan fungsi pengawasan dan pengendalian terhadap penggunaan spektrum frekuensi radio yang diutamakan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan dengan cara pengamanan pita frekuensi radio yang digunakan untuk navigasi dan komunikasi antara ATC dengan pilot di dalam pesawat.

"Station monitor ini akan ditempatkan di 64 Kabupatan/Kota di seluruh Indonesia," kata menteri yang akrab disapa Chief RA itu di Pangkalan TNI AU Supadio, Kalimantan Barat, Rabu (28/12/2016).Penempatan Stasiun Monitor Tetap Transportable berada pada lokasi-lokasi yang dekat dengan bandara atau merupakan jalur penerbangan.

Dalam menempatkan stasiun monitor tersebut di 64 Kabupaten/Kota, Kominfo melalui Ditjen SDPPI bekerja sama dengan PT Pos Indonesia yang memiliki sebaran aset Kantor Pos di berbagai wilayah.

Diharapkan, dengan adanya 64 SMFR stasiun monitor tetap transportable ini, maka kegiatan monitoring pendudukan spektrum frekuensi radio di 64 Kabupaten/Kota tersebut akan meningkat."Semula masih dilakukan secara terjadwal sebanyak satu sampai dua kali dalam setahun per Kabupaten/Kota, kali ini dapat dilakukan secara real time," pungkas menteri sebelum terbang menuju Sintang menggunakan helikopter Puma milik TNI.

(rou/asj)

Sumber : detik.com


Join our Newsletter



facebook twitter pinterest feed

Locations

  • Klego, Boyolali, Jawa Tengah
  • Jl.Kenari 2, Senen, Jakarta
android

Contact

  • IM3 : 085725523023
  • Email : info.silvanix@gmail.com
  • wa : +6285725523023
  • bbm : 5FEA26D8